Untuk menjalani tes TPA, kita bisa ikut tes di kampus
tempat kita mendaftar studi pascasarjana, atau juga dari lembaga lain yang
berkompeten, utamanya dari TPA OTO BAPPENAS. TPA OTO BAPPENAS dilaksanakan satu
hingga dua bulan sekali di beberapa universitas. Biasanya diselenggarakan oleh
Program Pascasarjana Universitas tertentu bekerja sama dengan Unit Usaha Otonom
Penyelenggara Tes Potensi Akademik (UUO-TPA) Bappenas. Kelebihan dari TPA OTO
BAPPENAS adalah sertifikatnya bisa digunakan di manapun dan berstandar
internasional.
Khusus TPA Bappenas, proses pendaftarannya lebih mudah
dan simpel bila dilakukan secara online. Semua bisa Anda lakukan hanya dalam
sekali duduk di depan komputer yang terkoneksi dengan internet. Berikut cara mendaftar TPA berdasarkan pengalaman yang saya alami :
·
Pertama, CEK JADWAL.
Cara mendaftar TPABappenas yang pertama yaitu Coba Anda googling
perihal jadwal TPA Bappenas di lokasi yang paling dekat dengan Anda. Semisal,
ketika saya hendak mendaftarkan diri untuk mengikuti TPA Bappenas di daerah
Yogyakarta, lalu saya googling dengan
kata kunci “Jadwal TPA Bappenas Yogyakarta”. Cari..cari..cari, dapet deh jadwal
lengkap pelaksanaan TPA Bappenas di wilayah Yogyakarta.
·
Kedua, KONFIRMASI KE PETUGAS.
Setelah mengecek jadwal
TPA Bappenas biasanya disertakan informasi lengkap seputar pelaksanaan tes,
misalnya contact person panitia pelaksana serta prosedur pendaftarannya.
Catat contact person-nya dan segera konfirmasi. Yang perlu Anda
konfirmasikan adalah perihal sudah penuh atau belum kuota pada jadwal tes yang
Anda inginkan. Jangan sampai, Anda sudah jauh-jauh datang ke lokasi kantor
pendaftaran dan tiba disana Anda harus kecewa karena jadwal tanggal tersebut
sudah penuh. Dan tanyakan pula perihal teknis pendaftaran yang masih Anda belum
pahami.
·
Ketiga, ISI FORMULIR
PENDAFTARAN dan TRANSFER UANG PENDAFTARAN.
Dalam situs panitia
pelaksana, biasanya disertakan pula formulir pendaftaran TPA Bappenas yang bisa
kita download. Download dan isilah dengan lengkap sesuai petunjuk.
Selanjutnya transfer
uang pendaftaran melalui ATM, via internet banking, ataupun datang ke bank
secara langsung. Ingat, simpan bukti transfer. Adapun untuk besarnya biaya tes
TPA Bappenas yaitu kisaran Rp 350.000,-an.
Scan formulir
pendaftaran dan bukti transfer Anda, kemudian kirimkan ke panitia penyelenggara
via email ataupun fax. Jangan lupa, untuk mengkonfirmasi ulang, apakah bukti
transfer dan formulir Anda sudah diterima atau belum.
·
Keempat, SIAPKAN DOKUMEN.
Dokumen yang Anda
harus siapkan adalah :
1. Fotokopi KTP
2. Fotokopi ijazah
(minimal D3)
3. Pas foto berwarna
2 lembar ukuran 3×4,
Bukti transfer dan
formulir pendaftaran serta kelengkapan dokumen ini harus Anda bawa saat datang
ke lokasi tes TPA Bappenas
Hasil tes bisa diketahui 1 sampai 2 minggu setelah pelaksanaan
tes. Kita akan mendapatkan sertifikat yang berlaku hingga 2 tahun dan
sertifikat ini tidak dapat diperpanjang kecuali yang bersangkutan mengikuti tes
TPA Bappenas kembali. Demikian yang saya bisa bagikan mengenai cara mendaftar tes TPA Bappenas semoga bermanfaat untuk
teman teman..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar